Cara Import Data Text Ke Surpac

Cara Import Data Text Ke Surpac, tahapannya yaitu persiapkan dulu file dengan exstensi *.txt yang akan diimport kedalam folder kerja atau buat saja folder baru. Jika semuanya sudah siap, maka import data text ke surpac sudah siap dilakukan. Selanjutnya buka Program Surpac set folder tadi sebagai directory kerja anda. Sebagai contoh disini saya menggunakan file hasil pengukuran topografi. Lihat juga yang lain gan Cara Cepat Import Data ke Surpac   

Gambar 01

Langkah selanjutnya klik FileImportData From One File, muncul kotak dialog "Import from text file” yang didalamnya terdapat form pengisian. Perhatikan kolom "Text file name" cari file yang mau diimport, "Output to string file", ketik nama file outputnya "String No" masukan nomor warna string disini saya masukan angka 2, berarti warna string  saat file terbentuk warnanya biru, "Number of description fields" masukan angka 1 saja karena deskripsi/keterangan cuma ada 1 baris di file 160808 GN 4, beri tanda centang/cek di Delimited kalau sudah selesai klik Apply.

Gambar 02

Muncul kotak dialog lihat Gambar 03, sesuaikan saja posisi koordinat y,x,z dan urutan deskripsinya jika ada setelah selesai klik Apply. Kemudian tunggu proses import datanya, jika proses datanya sudah selesai akan muncul hasil report. Perhatikan hasil report sesuaikan dengan data apakah sudah sesuai atau belum. Sampai disini berarti tahapan import data text sudah selesai. Hasil report disini ada 24 data yang telah berhasil diproses.

Gambar 03 

Selanjutnya lihat pada directory folder kerja, terdapat penambahan file baru. Drag file tersebut kedalam layer dan muncul string berwarna biru. Kalau sudah sampai pada tahapan ini berarti proses import datanya sudah selesai.

Gambar 04

Bagi agan-agan yang ingin belajar program Surpac secara ortodidak, agan dapat mendownload data-data yang digunakan dalam toturial ini sebagai file latihan. Untuk download silahkan agan klik link dibawah ini :

Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon