Peta Geologi

PETA GEOLOGI - Survei Geologi bertujuan untuk pemetaan geologi yang memuat informasi: litologi (simbol area dan warna), stratigrafi (penampang melintang), struktur geologi (simbol garis). Keuntungan survei geomorfologi dan geologi dengan menggunakan bantuan citra penginderaan jauh adalah dapat mengurangi kerja lapangan, laboratorium, dan waktu sehingga akan dapat menghemat biaya dan tenaga. Informasi utama yang dimuat dalam peta geologi adalah satuan litostratigrafi,struktur geologi, korelasi antar satuan litostratigrafi, dan penampang geologi.

Peta Geologi

Satuan Litostratigrafi
Satuan Litostratigrafi dasar dalam peta geologi adalah formasi. Selain formasi, satuan litostratigrafi yang kadang digunakan adalah anggota dan kelompok.

- Formasi
Adalah satuan litostratigrafi yang memiliki keseragaman gejala litologi yang nyata, baik terdiri dari satu macam jenis batuan, perulangan dari dua jenis batuan atau lebih. Formasi dapat tersingkap di permukaan, berkelanjutan ke bawah permukaan atau seluruhnya terdapat di bawah permukaan. Formasi harus meliputi daerah yang luas, pada umumnya dapat dipetakan pada skala 1 : 25.000. Tebal suatu fomasi berkisar antara satu meter hingga ribuan meter, sehingga ketebalan bukanlah syarat pembatasan formasi.

- Anggota
Adalah bagian dari formasi yang secara litologi berbeda dengan ciri umum formasi yang bersangkutan, serta memiliki penyebaran lateral yang cukup luas, tetapi tidak boleh lebih luas dari formasi.

- Kelompok
Adalah satuan litostratigrafi yang setingkat lebih tinggi daripada formasi, sehingga kelompok terdiri dari dua formasi atau lebih yang menunjukkan kesamaan ciri-ciri litologi.

Struktur Geologi
Struktur Geologi adalah sikap perlapisan batuan yang dinyatakan dalam dip dan strike. Dip merupakan kemiringan lapisan batuan yang dinyatakan dalam derajat. Strike merupakan arah jurus dari lapisan batuan yang dinyatakan dengan arah atau orientasi dari kontur ketinggian perlapisan batuan.

Korelasi Satuan Litostratigrafi
Korelasi antar satuan stratigrafi menginformasikan hubungan suatu satuan litostratigrafi dengan satuan stratigrafi di atasnya atau di bawahnya. Hubungan tersebut dapat selaras, tidak selaras, menjari, atau membaji. Satuan litostratigrafi paling muda diletakkan di bagian teratas dan paling tua berada di bagian bawah.

Penampang Geologi
Penampang geologi merupakan penampang topografi yang diberi informasi satuan litostratigrafi dan struktur. Pembesaran vertikal penampang geologi harus sama dengan skala horisontal.

Simbolisasi
Satuan litostratigrafi digambarkan dengan simbol area yang diberi warna atau shding. Selain warna atau shading satuan stratigrafi juga diberi nama dengan dua atau empat huruf yang tertera pada setiap satuan.
Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon