Pengertian Geologi

Pengertian Geologi - Secara Etimologis Geologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang artinya bumi dan Logos yang artinya ilmu, Jadi Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi. Secara umum Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet Bumi, termasuk Komposisi, keterbentukan, dan sejarahnya.
Pengertian geologi menurut Holmes yaitu Geologi merupakan ilmu pengetahuan yang menguraikan tentang evolusi bumi secara menyeluruh beserta penghuninya, sejak awal pembentukannya hingga sekarang, yang dapat dikenali dalam batuan. 
Menurut Bates dan Jackson Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet bumi terutama mengenai materi penyusunannya, proses yang terjadi padanya, hasil proses tersebut , sejarah planet itu dan bentuk-bentuk kehidupan sejak bumi terbentuk
Karena Bumi tersusun oleh batuan, pengetahuan mengenai komposisi, pembentukan, dan sejarahnya merupakan hal utama dalam memahami sejarah bumi. Dengan kata lain batuan merupakan objek utama yang dipelajari dalam geologi. Secara keseluruhan bumi ini terdiri dari beberapa lapisan yaitu :
1.Atmosfer, yaitu lapisan udara yang menyelubungi Bumi
2.Hidrosfer, yaitu lapisan air yang berada di permukaan Bumi
3.Biosfer, yaitu Lapisan tempat makhluk hidup
4.Lithosfer, yaitu lapisan batuan penyusun Bumi.


Pengertian Geologi

Ruang lingkup pembelajaran geologi yaitu lithosfer yang merupakan lapisan batuan penyusun bumi dari permukaan sampai inti bumi. Geologi juga mempelajari benda-benda luar angkasa, dan bukan tak mugkin suatu saat nanti kita dapat mengetahui keadaan geologi bulan misalnya.

Cabang-cabang ilmu geologi, kajian geologi memiliki ruang lingkup yang luas, di dalamnya terdapat kajian-kajian yang kemudian berkembang menjadi ilmu yang berdiri sendiri walaupun sebenarnya ilmu-ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling menunjang satu sama lain. Geologi dapat dibedakan menjadi beberapa cabang, yaitu :

Berdasarkan subjeknya :
- Proses geologi : geologi fisik dan geologi tektonik
- Material kulit bumi : kristalografi,minerologi,petrologi,sedimentologi
- Bentuk dan struktur bumi : geologi struktur
- Sejarah bumi : geologi sejarah,stratigrafi,paleontology
- Sifat fisik bumi : geofisika
- Distribusi unsur kimia : geo kimia


Berdasarkan terapannya
- Geologi ekonomi
- Geologi tambang
- Geologi minyak
- Agrogeologi
- Hidrogeologi
- Geologi teknik
- Geologi tata lingkungan


Berdasarkan metode kerja
- Geologi lapangan
- Fotogeologi

Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon