Peta Geomorfologi

PETA GEOMORFOLOGI - Survei Geomorfologi bertujuan untuk pemetaan geomorfologi yang memuat informasi: unit bentuklahan genetik utama (simbol area dan warna), litologi dan kontur ketinggian (simbol garis dengan warna tidak menonjol), unit bentuklahan minor dan proses (simbol garis dan menonjol). Hampir semua informasi geomorfologis dapat disadap dari citra baik unit geomorfologi, morfologi, genesis, maupun kronologi. Informasi yang dapat disadap dari citra dalam survei geologi adalah litologi, struktur, maupun stratigrafi. Namun perlu diingat bahwa hasil interpretasi sangat tergantung pada pengalaman interpreter.

Informasi utama yang dimuat dalam peta geomorfologi versi ITC (Verstappen dan Zuidam, 1975) adalah unit bentuklahan genetik utama, litologi, dan bentuklahan genetik minor serta proses. Informasi lain sebagai informasi tambahan adalah topografi, morfometri, dan kronologi. Unit bentuklahan genetik utama ditunjukkan dengan warna atau diberi batas garis tebal dengan ditandai satu huruf kapital. Unit bentuklahan genetik utama dibedakan menjadi delapan kategori dengan simbol sebagai berikut :

Peta Geomorfologi

Peta geomorfologi didefinisikan sebagai peta yang menggambarkan bentuk lahan, genesa beserta proses yang mempengaruhinya dalam berbagai skala. Berdasarkan definisi diatas maka suatu peta geomorfologi harus mencakup hal hal sebagai berikut:
1. Peta geomorfologi menggambarkan aspek-aspek utama lahan atau terrain disajikan dalam bentuk simbol huruf dan angka, warna, pola garis dan hal itu tergantung pada tingkat kepentingan masing-masing aspek.

2. Peta geomorfologi memuat aspek-aspek yang dihasilkan dari sistem survei analitik (diantaranya morfologi dan morfogenesa) dan sintetik (diantaranya proses geomorfologi, tanah /soil, tutupan lahan).

3. Unit utama geomorfologi adalah kelompok bentuk lahan didasarkan atas bentuk asalnya (struktural, denudasi, fluvial, marin, karts, angin dan es).

4. Skala peta merupakan perbandingan jarak peta dengan jarak sebenarnya yang dinyatakan dalam angka, garis atau kedua-duanya.

Adapun informasi yang terdapat dalam peta geomorfologi berupa bentuk, geometri, serta proses-proses yang telah maupun sedang terjadi, baik proses endogenik maupun eksogenik. Ada sedikit perbedaan penekanan antara informasi geomorfologi untuk sains dan informasi geomorfologi untuk terapan.
1. Untuk tujuan sains maka peta geomorfologi diharap mampu memberi informasi mengenai hal-hal berikut :
   a. Faktor-faktor geologi apa yang telah berpengaruh kepada pembentukan bentang   alam disuatu tempat
   b. Bentuk-bentuk bentangalam apa yang telah terbentuk karenanya. Pada umumnya hal-hal tersebut diuraikan secara deskriptif. Peta geomorfologi  yang disajikan harus dapat menunjang hal-hal tersebut diatas, demikian pula klasifikasi yang digunakan. Gambaran peta yang menunjang ganesa dan bentuk diutamakan.

2. Sedangkan untuk tujuan terapan peta geomorfologi akan lebih banyak memberi informasi mengenai :
   a. Geometri dan bentuk permukaan bumi seperti tinggi, luas, kemiringan lereng, kerapatan sungai, dan sebagainya.

Pada umumnya hal-hal tersebut dinyatakan secara terukur. Peta geomorfologi yang disajikan harus menunjang hal-hal tersebut diatas, demikian pula klasifikasi yang digunakan. Gambaran peta diutamakan yang menunjang kondisi parametris (yang dapat diukur) serta proses-proses exsogen yang berjalan pada masa kini dan yang akan datang.
- Litologi ditunjukkan dengan arsiran dengan warna yang tidak menonjol. Simbol arsiran sama dengan peta geologi.


- Bentuk lahan genetik minor dan proses ditunjukkan dengan simbol garis. Simbol garis untuk bentuklahan generik minor dan proses dilengkapi dengan huruf yang menunjukkan kronologi jika umurnya diketahui. Proses-proses yang masih aktif dan yang tidak aktif kadang dibedakan dengan warna sama tetapi dengan hue yang berbeda.

- Morfometri dan topografi digambarkan dengan simbol garis dan titik. Simbol garis digunakan untuk kontur, lembah, igir, dan tebing, sedangkan simbol titik digunakan untuk ketinggian.

- Kronologi dinyatakan dengan huruf awal dari zaman atau kala
Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon