Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Dataran Banjir

GEOLOGI LINGKUNGAN - SIFAT GEOTEKNIK DARI DEPOSIT DATARAN BANJIR. Dari segi ukuran mempunyai distribusi ukuran butiran yang bervariable akibat adanya migrasi secara horisontal dari aliran dan adanya filling/erosi. Point bar gravel dan pasir kasar merupakan sumber agregate yang sangat potensial, sedangkan channel fill merupakan akifer yang potensial disamping sebagai  material pembuat jalan.

Pada bagian levee (fine sand) dan terras sungai (dalam ukuran yang besar) cocok untuk pemukiman karena elevasinya yang tinggi dibanding dengan dataran banjir serta mempunyai kondisi pondasi yang baik. Pada lokasi terrace kuno (Tertier atau Awal Pleistocene) mungkin sudah terlapukan sehingga mungkin tidak cocok sebagai sumber aggregate karena kandungan  lempung yang tinggi. Mungkin saja agan ingin liat post terkait lainnya dibawah ini :
- Pengantar Geologi Lingkungan
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Deposit Collovial
- Ruang Lingkup Geologi Dalam Perencanaan Pemukiman
- Geologi Lingkungan  Tentang Gempa Bumi
- Geologi Lingkungan Tentang Polusi
- Geologi Lingkungan Tentang Batuan Sebagai Bahan Kontruksi
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Pasir Kasar Dan Gravel
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Estuarin
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Dataran Banjir
- Geologi Lingkungan Tanah Residu Daerah Tropis
- Geologi Lingkungan Tanah Mengembang Atau Expasive Soil 


Lebih lengkap Geologi Lingkungan di SINI


Geologi Lingkungan

Fondasi yang cocok menggunakan sistem reinforced raft pada permukaan atau menggunakan bore pile ke bagian bedrock (jika alluviumnya tipis), jika alluvium tebal bore pile harus didudukan pada lensa gravel, alluvium tua yang sudah tersemenkan, lapisan calcrete yang terbenam.

Adanya penggalian untuk basement di daerah ini sering menyebabkan masalah pada rembasan dan uplift karena posisi penggalian dibawah muka air tanah. Adanya clay plug di daerah oxbow lake sering menyebabkan adanya diffrential settlement untuk struktur besar atau sering rusaknya jalan pada seksi tertentu yang melalui dataran banjir.
Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon