Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Deposit Collovial

GEOLOGI LINGKUNGAN - SIFAT GEOTEKNIK DEPOSIT COLLOVIAL, Collovial deposit adalah semua material yang berada di kaki lereng dengan sifat seperti tanah baik itu insitu maupun tertransport oleh proses perpindahan masa termasuk di dalamnya adalah :
1. Slope wash  pengisi lembah (gully fill)
2. Scree, rockfill debris, landslide debris (talluvium)
3. Tanah residu dan bedrock yang terlapukan (Saprolite)


SLOPE WASH DAN PENGISI LEMBAH
Slope wash diendapkan oleh overland flow sedangkan pengisi lembah diendapkan oleh channel flow. Umumya tidak mengalami konsolidasi dan tidak tersemenkan sehingga mudah tererosi. Terdiri atas campuran lempung, silt, pasir halus dengan angular gravel. Adanya rounded gravel menunjukan reworked terrace alluvium. Sering menunjukan sifat dispersive sehingga kemungkinan piping dan internal erosion sangat besar. Mungkin saja agan ingin liat post terkait lainnya dibawah ini :
- Pengantar Geologi Lingkungan
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Deposit Collovial
- Ruang Lingkup Geologi Dalam Perencanaan Pemukiman
- Geologi Lingkungan  Tentang Gempa Bumi
- Geologi Lingkungan Tentang Polusi
- Geologi Lingkungan Tentang Batuan Sebagai Bahan Kontruksi
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Pasir Kasar Dan Gravel
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Estuarin
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Dataran Banjir
- Geologi Lingkungan Tanah Residu Daerah Tropis
- Geologi Lingkungan Tanah Mengembang Atau Expasive Soil 


Lebih lengkap Geologi Lingkungan di SINI


SIFAT GEOTEKNIK DEPOSIT COLLOVIAL

Adanya hamparan batu menunjukan bahwa dasar lembah sudah terisi. Biasanya tidak mengalami sorting, unbedded, mempunyai sisi yang sangat curam dan ketebalannya bervariasi

TALLUVIUM
Talluvium didifinisikan sebagai slope deposit yang tertransport oleh mass movement (Landslide dan creep)
- Scree
Bersifat lepas dan kasar. Rock debris ini terdiri dari coble dan boulder yang menyudut serta free draining. Terbentuknya akibat adanya pelepasan stress di slope.
- Talus
Talus ini dicirikan adanya lapisan boulder yang mengandung banyak lempung. Kemungkinan bekas landslide lama tapi sudah mengalami stabilisasi dan hanya terjadi creep pada saat ini.
Umumnya well graded, kurang munculnya pasir kasar dan gravel tetapi mengandung banyak lempung. Boulder dan coble sangat lapuk sehingga mudah digali, umumnya akan terikat  dengan  lempung pasiran
- Lanslide Debris
Lanslide debris dicirikan munculnya blok-blok besar batuan yang lapuk. Biasanya dicirikan adanya lapisan yang sangat lunak pada bagian bawah. Kedua macam kondisi batuan ini akan bercampur secara heterogen di kaki lereng.

CREEP
Creep yang sebenarnya diindikasikan oleh naiknya strain pada konstant stress. Creep musiman yang disebabkan oleh pengembangan/pengkerutan lempung, penetrasi akar, ekspansi dari masa batuan akibat pelapukan akan mempunyai arti yang penting.

Kecepatan perpindahan mencapai 220 mm/tahun, dengan pengaruh sampai sedalam 10 m (tetapi yang paling cepat pada kedalaman 50-200 mm). Seringkali perpindahannya zig zag. Seringkali dicirikan oleh teras-teras dan munculnya sumber air pada kaki lereng.

MASALAH TEKNIK DARI SLOPE DEPOSIT
Akibat adanya lapisan tanah yang tipis terutama di daerah slope yang curam akan menimbulkan masalah pada penggalian. Sering kali collovium deposit tidak  distabilkan oleh penghutanan, kontruksi dan pertanian.

Collovial deposit mungkin dalam kondisi natural stabil tetapi kemungkinan  bergerak kembali sangat besar jika mengalami sedikit gangguan. Partikel silt dan tanah pada collovium sumber  piping karena muda tererosi oleh aliran dengan kecepatan tinggi pada slope yang curam.

Beberapa collovial deposit dipakai untuk dasar jalan meskipun kualitasnya rendah karena mengandung lempung. Scree deposit biasanya dipakai untuk rip rap meskipun jumlahnya terbatas dan seringkali berhadapan dengan aspek lingkungan jika di eksploitasi.
Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon