Geologi Lingkungan Tanah Runtuh Collapsing Soil

GEOLOGI LINGKUNGAN - TANAH RUNTUH/COLLAPSING SOIL. Collapsing soil dicirikan dengan adanya penurunan yang cepat pada saat penjenuhan karena tidak aktifnya ikatan butiran pasir. Penjenuhan ini bisa ditriger oleh banjir, loading maupun penyiraman. Disini harus dibedakan dengan indikasi adanya tunneling pada dispersive soil.

Adanya densitas insitu yang rendah indikasi dari collapsing soil meskipun conto akan hancur pada waktu proses pengambilan. Butiran cenderung menyudut, flaty, poorly graded dan kadungan silt yang banyak. Umumnya berada di atas muka air tanah, mempunyai penyemenan yang lemah (meskipun tidak semua) dan mempunyai porositas yang besar.

Collapsing soil berasal dari eolian sand dan silt, kadang berasal loess soil atau granite yang sangat lapuk mengalami leaching sehingga partikel kaolinit yang sangat halus akan terbawa ke arah bawah (sehingga terbentuk ruang dibagian yang terleaching). Mungkin saja agan ingin liat post terkait lainnya dibawah ini :
- Pengantar Geologi Lingkungan
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Deposit Collovial
- Ruang Lingkup Geologi Dalam Perencanaan Pemukiman
- Geologi Lingkungan  Tentang Gempa Bumi
- Geologi Lingkungan Tentang Polusi
- Geologi Lingkungan Tentang Batuan Sebagai Bahan Kontruksi
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Pasir Kasar Dan Gravel
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Estuarin
- Geologi Lingkungan Sifat Geoteknik Dari Deposit Dataran Banjir
- Geologi Lingkungan Tanah Residu Daerah Tropis
- Geologi Lingkungan Tanah Mengembang Atau Expasive Soil 


Lebih lengkap Geologi Lingkungan di SINI

Geologi Lingkungan

IDENTIFIKASI DAN TESTING COLLAPSING SOIL
Identifikasi yang paling baik adalah berasal dari informasi tentang adanya kegagalan pondasi. Adanya gradasi yang jelek dari silt di soil. Mempunyai N<10. Percontohan dilakukan dengan diameter yang besar. Thin wall sampler harus ditekan jangan dipukul. Jika mungkin maka blok sample adalah terbaik. Test yang dilakukan adalah : SPT, flooded plate bearing test dan saturated consolidometer test.

PERBAIKAN COLLAPSING SOIL
Untuk memperbaiki daerah collapsing soil maka dilakukan dengan cara membanjiri daerah tersebut dan atau dilakukan kompaksi dengan penggetaran sehingga pori-pori menjadi berkurang.
Previous
Next Post »

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan post diatas
=> No Spam - No Iklan - P*>rn - Sara - Url (mati/hidup) tidak akan di publish
EmoticonEmoticon